Jumat, 14 Juni 2019

Keaslian Gua Soekarno Menarik Wisatawan Untuk Berkunjung


Sumenep,Harianmerdekapost.com-Tempat Wisata baru yang berada di Dusun. Benteng Utara Desa. Panaongan Kecamatan, Pasongsongan di padati para pengunjung setelah di buka pada tanggal 08-06-2019.

Dinasti Wisata Gua yang di beri Nama tokoh Proklamator Republik indonesia yaitu Ir. Soekarno memberikan daya tarik tersendiri,( 15/06/2019).


Gua Soekarno  meski dalam proses pengembangan sudah memikat pengungjung dari luar Kabupaten. sampai luar kota seperti, Probolinggo dan Malang.

Wisata yang di proses mulai dari tahun 2018, banyak membuka lapangan perkerjaan khusus Masyarakat setempat, sudah ada 30 tenaga kerja dan juga membantu pertumbuhan perekomian Desa setempat.

Gua soekarno yang di buka pada jam 08:00-16:30, proses pembangunan terus akan di tingkatkan seperti pembuatan perpustakan tentang buku-buku Soekarno dan wahana-wahana lainnya.

Dari hasil interview kepada pihak pengelola (Anwar)  dia meceritakan historis tentang gua tersebut "banyak orang yang salah kaprah mengenai penamaan, sehingga yang tersebar di masyarakat bahwa soekarno penah datang dan tinggal kesini, ternyata itu tidak bener" ucapnya

"Kenapa? Gua Soekarno tersebut di beri nama Ir. Sorkarno, apakah soekarno pernah tinggal disana? jadi pada silsilah yang sebenernya bahwa tidak ada sangkut pautnya dengan kedatangan Soekarno ke dalam Gua. Ada sosok seorang seokanois atau pengagum soekarno yang pernah bertapa di dalam gua tersebut, orang itu datang dari tanah jawa, tepatnya dari jember, itulah kenapa Gua tersebut di beri nama Gua Seokarno"imbuhnya

Juga seorang visitor (pengunjung) Maya alsi Sidoarjo yang menjadi ketua cabang bank Jatim Pasongsongan sangat mengapresiasi dan memberikan sedikit masukan kepada putra daerah yang sudah pengelola dan pinter mancari potensi 

"Bagus pinter menggali potensi daerah dan meningkatkan penghasilan baru dan untuk menyerap tenaga kerja setempat. Dan juga perlu pengembangan tentang hal-hal yang berbau proklamator soekarno, sehingga bisa menjawab penasaran orang2 diluar bahwa ini yang dinamakan gua soekarno" ucapnya

TNI dan Polsek setempat, setiap hari melakukan pengamanan, meski sejauh ini masih dalam keadaan aman dan kondusif, setiap hari ada empat personel yang di tugaskan untuk menjaga disana. 

"Dari tingkat pengamanan kepolisian sejauh ini tetep aman dan kondusif dan Pola pengamanannya dari kapolsek setiap hari 4 personel yang di tugaskan untuk menjaga supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan"  ucapnya Sugeng. H (anggota polsek) 

Reporter :Johari

0 komentar:

Posting Komentar