Selasa, 16 April 2019

Ratusan CJH Sampang Batal Berangkat Haji Tahun Ini



Sampang, harianmerdekapost.com. Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sampang memblacklist ratusan Calon Jemaah Haji (CJH) untuk jadwal pemberangkatan tahun ini. Pasalnya, CJH tersebut belum melunasi biaya Haji sampai jatuh tempo pelunasan pada 15 April 2019.


Sebelumnya, Kemenag Sampang mengistimasi pemberangkatan Haji tahun 2019 di Kabupaten Sampang sebanyak 482 CJH. Namun, setelah berakhir masa pelunasan biaya Haji mencatat hanya 371 CJH yang akan berangkat.

Fathurrahman selaku Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Sampang mengatakan, sebanyak 111 CJH tidak bisa melunasi biaya Haji pada waktu yang sudah ditentukan oleh Pemerintah selama 17 hari.

"Nantinya dari CJH yang tidak melunasi tahun ini akan di ikutkan pasa estimasi pemberangkatan Haji tahun depan," katanya, Selasa (16/4/2019).

Fathurrahman menjelaskan, dari 111 CJH yang tidak melunasi biaya Haji memilki bermcam-macam alasan.

"Dari sekian CJH ada yang meninggal, membatalkan dalam arti menunda pemberangkatan dan juga melakukan pemunduran diri atau pencabutan," jelasnya.

Lebih lanjut ia membeberkan, rincian yang tercatat di Kemenag Sampang, meliputi sebanyak 18 CJH mengalami meninggal dunia dan keluarganya mengambil keputusan untuk membatalkan. Kemudian, sebanyak 49 CJH menunda keberangkatannya. Sedangkan sisanya dengan jumlah 44 orang merupakan CJH yang ketinggalan informasi.

"Kita sudah memanggil mereka setiap tahunnya. Namun, dari mereka tidak ada respon," pungkasnya. (Han/Ams).

0 komentar:

Posting Komentar