Selasa, 09 April 2019

LSM KPK Nusantara dan LMP Desak Inspektorat Tuntaskan Audit Dana Desa Di Kecamatan Batumarmar



Pamekasan, harianmerdekpost.com. Mencuatnya kabar audit Dana Desa yang dilakukan Inspektorat Kabupaten Pamekasan di Kecamatan Batumarmar beberapa hari lalu, terutama di Desa yang diduga ada penyimpangan penggunaan Dana Desa, membuat LSM KPK Nusantara dan Ormas Laskar Merah Putih (LMP) Kabupaten Pamekasan terpanggil untuk mengawal proses audit yang saat ini masih dalam penghitungan auditor Inspektorat.



Ketua LSM KPK Nusantara Kabupaten Pamekasan Abdussalam Syah, SH. MH menegaskan, pihaknya akan terus mengawal proses audit yang dilakukan Inspektorat. Ia mendesak Inspektorat untuk segera menuntaskan hasil audit Dana Desa tersebut. Sebab, publik saat ini menunggu transparansi dari hasil audit terhadap dugaan penyimpangan Dana Desa di Kecamatan Batumarmar.


"Kami akan kawal sampai tuntas. Apabila nanti dari hasil audit Inspektorat ditemukan penyimpangan penggunaan Dana Desa yang menyebabkan kerugian Negara, kami akan bawa ke ranah Hukum sesuai dengan hasil audit dari Inspektorat," tegas Abdussalam, Selasa (9/4/2019).

Abdussalam menjelaskan, pihaknya mengawal proses audit itu tidak ada intervensi dari pihak manapun. Sabab, saat ini publik bertanya-tanya kelanjutan dari audit Inspektorat tesebut. Ia merasa sebagai LSM, berkewajiban untuk mengawasi semua yang berkaitan dengan uang Negara. Terkait dengan persoalan itu, pihaknya bekerja secara professional dan tidak ada unsur politik.

"Kami tidak mau ditakut-takuti, dan kami tidak akan pernah takut. Artinya kalau salah ya tetap salah, kalau benar ya benar. Kami tidak mau ditunggangi oleh pihak manapun, dan kami tidak ada kepentingan dalam hal apapun, terutama yang berkaitan dengan Pilkades serentak 2019 di Kecamatan Batumarmar. Ini murni kepentingan rakyat," ujarnya.

Ia juga menambahkan, dalam waktu dekat pihaknya bersama LMP akan mendatangi Inspektorat Pamekasan untuk menanyakan hasil audit tersebut.

"Dalam waktu dekat ini kami bersama rekan-rekan dari LMP akan datang ke Kantor Inspektorat untuk menanyakan langsung hasil audit yang sudah dilakukan," tambahnya.

Sementara, Ketua LMP Pamekasan Abdus Samad ketika dihubungi harianmerdekapost.com mengatakan, pihaknya juga mendesak Inspektorat untuk mengusut tuntas temuan - temuan dilapangan.

"Usut tuntas apabila sudah ada temuan penyimpangan Dana Desa. Sebab, Dana itu untuk kesejahteraan rakyat," kata Samad melalui sambungan telepon selulernya. (Han).

0 komentar:

Posting Komentar