Senin, 15 April 2019

Di Masa Tenang, Bawaslu Sumenep Preteli APK



Sumenep, harianmerdekapost.com. Sejumlah Alat Peraga Kampanye (APK) disekitar Kecamatan Kota, di copot oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) yang bekerja sama dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Sumenep, Senin (15/4/2019).

Komisioner Bawaslu Kabupaten Sumenep Imam Syafi'i mengatakan, penyelenggara Pemilu sudah mengintruksikan kepada peserta untuk menurunkan segala bentuk APK sebelum masa tenang. Tetapi, banyak peserta yang tidak mengindahkan Intruksi dari penyelenggara Pemilu. Sehingga Bawaslu turun tangan untuk menertibkan sejumlah APK yang masih terpampang.

"Dalam masa tenang tidak boleh berkampanye dalam bentuk apapun, termasuk adanya APK. Tetapi, sejak kemarin APK masih ada," kata Imam.

Imam menegaskan, di Kecamatan lain sudah bersih dari APK. Hanya di Kecamatan Kota saja yang masih banyak APK belum dibersihkan. Selain berjumlah banyak, ada APK yang di pasang di tiang tinggi. Sehingga menyulitkan petugas untuk menertibkan.

"Walau APK besar dan tinggi, InsyaAllah hari ini sudah selesai diturunkan. Penurunan APK, termasuk peringatan kepada peserta Pemilu, merupakan bentuk sanksi," tegasnya.

Selain APK, Imam juga menambahkan, siapa pun tidak boleh menyebarkan Bahan Kampanye (BK) seperi kartu saku. Boleh saja kartu saku tersebut dibawa dalam saku, tetapi tidak boleh diberikan kepada orang lain.

"Silahkan siapa pun membawa kartu saku ke bilik suara di hari pencoblosan nanti, karena tidak ada aturan yang melarang. Meski demikian, kami imbau jangan sampai diberikan kepada orang lain," pungkasnya. (Han/Anto).

0 komentar:

Posting Komentar