Senin, 18 Februari 2019

TOLAK RUU PERMUSIKAN PULUHAN SENIMAN PAMEKASAN GELAR AKSI DI DEPAN KANTOR DPRD.



*Harianmerdekapost.com*
*Pamekasan_*  Rancangan Undang-undang Permusikan (RUU) Pada Pasal 5 RUU Permusikan ternyata menuai polemik dan penolakan dari kalangan musisi di Indonesia tak terkecuali di Kabupaten Pamekasan, puluhan Musisi Pamekasan menolak RUU tersebut dengan menggelar Aksi Parade Musik di depan Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pamekasan, Senin, 18/2/2019 . 

Peserta aksi membentangkan Poster bertuliskan " TOLAK RUU PERMUSIKAN, SENIMAN MUSIKBEBAS BER IDE, BERKARYA dan BER EKSPRESI TANPA BATAS"  Aksi Parade Musik ini  digelar sebagai bentuk penolakan atas RUU Permusikan karena dinilai sangat membatasi ruang gerak mereka dalam berekpresi dan berkarya. 

Norman salah seorang musisi Pamekasan mengatakan bahwa setidaknya ada 19 Pasal dalam RUU Permusikan itu yang sangat membatasi dan bahkan tidak berpihak pada musisi indonesia, 

"Ya stidaknya ada 19 Point dalam RUU tersebut yang kami rasa sangat tidak berpihak pada kami, dan ini jelas membuat kami kaku dalam berkarya" ungkapnya.

Lebih lanjut Norman menjelaskan bahwa RUU Permusikan sudah menabrak UUD 1945 yang memberikan kebeasan pada kami dalam berkarya. Iapun menilai bahwa RUU Permusikan akan menjadi ruang bagi pihak-pihak tertentu untuk memperskusi para musisi

" RUU ini jelas menabrak UUD 1945 yang sudah memberikan kami kebasan berekspresi dan berkarya, lagian jika ini di sahkan maka akan menjadi ruang bagi pihak-pihak tertentu untuk mempersekusi kami." Terangnya.

Koodinator aksi, Indra mengatakan RUU Permusikan yang saat ini sudah di godok dan dibahas dibangku DPR tidak ada urgensinya dan beberapa draff dalam RUU tersebut akan berpotensi pada ruang gerak Musisi. "Draff RUU ini masih banyak masalah dan kan berpotensi pada ruang gerak teman2 musisi. Bahkan merepresi para pelaku musik." Katanya.

Sahur anggota DPRD Pamekasan dari komisi IV yang menemui para peserta aksi mengatakan pihaknya mendukung penuh aksi penolakan RUU permusikan tersebut, bahkan pihaknya berjanji akan segera menyampaikan aspirasi para musisi Pamekasan tersebut pada DPR RI.

"Baik, kami sangat mendukung aksi yang teman-teman lakukan, ini akan segera kami sampaikan pada DPR RI, kebetulan disana di Komisi X ada perwakilan kami yang sudah siap menampung aspirasi dari kawan-kawan musisi ini." Jelasnya.


Untuk diketahui bahwa Aksi berjalan aman dan tertib, menurut pantauan harianmerdekapost.com dilapangan tampak beberapa petugas kepolisian yang berjaga-jaga juga menikmati asiknya lantunan lagu-lagu yang dimainkan para musisi ini, Lagu yang dimainkan dalam aksi tersebut diantaranya Lagu dari sang legenda Iwan Fals dari berbagai judul. Diantaranya Bongkar, Sarjana Muda dll.

Jurnalis: Abd Basid

0 komentar:

Posting Komentar