Senin, 04 Februari 2019

N A J W A


Oleh: Didik Ahmadi, MComm

(Pengamat Budaya Politik & KBPII Yogyakarta)

Harianmerdekapost.com 'Najwa' itu sebuah kata dalam bahasa Arab yang artinya 'berbisik', sebuah perbincangan perbincangan yang dilakukan dalam suasana tertutup, yang terbatas orang orang yang berada di dalamnya. Umumnya, perbincangan yang berbisik itu, yang terbatas orang orangnya itu digunakan untuk membahas sesuatu yang tidak baik atau bahkan untuk berbuat kejahatan. Ada beberapa ayat Alquran yang memiliki akar kata "najwa". Kata "najwa" sendiri sebanyak 6 ayat, "najwakum" sebanyak 2 ayat, "najwahum" sebanyak 3 ayat, "munajjuka" satu ayat, "munajjuhum" satu ayat. Bila kita ingin mengetahui ragam konteks "berbisik" di dalam Al-Quran bisa melihat pada ayat ayat tersebut.

Salah satu ayat terkait dengan "najwa" atau "berbisik" itu terdapat dalam surat an-Nisaa ayat 114.

Allah SWT berfirman:

لَا خَيْرَ فِيْ كَثِيْرٍ مِّنْ نَّجْوٰٮهُمْ اِلَّا مَنْ اَمَرَ بِصَدَقَةٍ اَوْ مَعْرُوْفٍ اَوْ اِصْلَاحٍۢ بَيْنَ النَّاسِ   ؕ  وَمَن يَّفْعَلْ ذٰ لِكَ ابْتِغَآءَ مَرْضَاتِ اللّٰهِ فَسَوْفَ نُـؤْتِيْهِ اَجْرًا عَظِيْمًا

"Tidak ada kebaikan dari banyak pembicaraan rahasia mereka kecuali pembicaraan rahasia dari orang yang menyuruh (orang) bersedekah, atau berbuat kebaikan, atau mengadakan perdamaian di antara manusia. Barang siapa berbuat demikian karena mencari keridaan Allah, maka kelak Kami akan memberinya pahala yang besar." (QS. An-Nisa': Ayat 114)

Kita berada dalam media sosial  whatsapp ini termasuk "bisik bisik", nggak? Media sosial yang kita gunakan termasuk "closed grup" karena yang masuk anggotanya terbatas dan dibatasi oleh sistem whataspp itu sendiri. Kita ini termasuk "berbisik bisik". Semoga berbisik bisik kita ini berada dalam koridor berbisik yang baik karena kita melakukan aktivitas berbisik yang diperbolehkan dan dianjurkan, yaitu: mengajak orang untuk bersedekah, untuk berbuat amal kebajikan dan mengadakan perdamaian di antara manusia.

0 komentar:

Posting Komentar