Senin, 25 Februari 2019

Ketua MPR RI: Saya Jadi Pengusaha Brangkat Dari Nol

Laporan: Sudono Syueb


Harianmerdekapost.com "Saya senang bisa hadir di Universitas Dr. Soetomo, Surabaya ini.. Unitomo adalah Universitas terbaik se lndonesia", demikian kata Ketua MPR RI, Zulkufli Hasan mengwali ceramahnya tentang Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di hadapan Civitas Akademika Universitas Dr. Soetomo, Surabaya, Sabtu 24/2 kenarin, jam 13.30, di Ruang Ki H. Muhammad Saleh, yang juga dihadiri ribuan mahasiswa. 4 Pilar Kebangsaan itu yaitu Pancasila, NKRI, Bhinika Tunggal Ika dan UUD 1945.
   Zulkifli merasa senang bertemu dg ribuan mahasiswa Unitomo, Surabaya, karena Mahasiswa Unitomo berasal dari seluruh Daerah di lndonesia, dari Sabang sampai Raha Ampat.
"Tadi Pak Rektor bilang kalau Mahasiswa Unitomo ini merupakan miniatur Indonesia. Bararti Unitomo ini contoh konkrit dari Pilar ke 3 yaitu Bhinika Tunggal Ika. Karena itu mari kita jaga persatuan dan kesatuan antar warga bangsa negara lndonesia. Kita beda ras, suku, agama dan bahasa, tetapi kita satu Indobesia, hak kita sama. Tidak ada larangan suku lain datang di Jawa, Jawa Timur atau Surabaya, atau sebaliknya, orang Jawa pergi ke luar Jawa. Kalau ada yang melarang itu berarti dia intoleran", demikian tandas Zulkifli, yang juga mantan seorang pengusaha sukses yang merintis usahanya dari nol.
   "Saya mulai usaha dari nol. Dari jualan satu barang dengan keliling menawarkan door to door.  Semula saya mau ambil dulu barang barang dari toko milik Tionghwa, bayarnya belakang, tapi tidak boleh, tidak dipercaya. Saya tidak patah arang. Saya serahkan ijazah SLTA saya sebagai jaminan untuk ambil barang 1 item saja yang akan saya jual, kalau laku, hari ini langsung saya bayar, kalau tidak saya kembalikan lagi hari itu juga. Ternyata diperbolehkan, lalu saya ambil 1 barang dari toko milik seorang Tionghwa itu, harganya 40 ribu, lalu saya keliling untuk pasarkan barang itu, hampir sehari belum laku, alhamdu lillah sore harinya laku 70 ribu. Yang 40.000 saya bayarkan ke taokenya, 30.000 keuntuungan saya. Sejak itu saya diperbolehkan mengambil barang apa saja dengan bayar belakang. Jualan pertama laba 30 ribu. Saya Senang sekali, karena untung 30 ribu itu sama dengan gaji Pegawai sebulan waktu itu. Kalau setiap hari bisa laku satu barang dengan untung 30 ribu, pikir saya, maka sebulan saya dapat keuntungan 900 ribu. Berarti penghasilan saya sebulan setara dengan 30 kali gaji Pegawai negeri atau swasta. Wouu... Dari sini lantas semangat saya menjadi pengusaha semakin termotivasi", demikian kata Zulkifli yang telah mulai usaha sejak muda. Semula dia jadi Pegawai  dengan gaji 30.000 sebulan, lalu dia keluar, karena kalau tetap jadi Pegawai lama sekali jadi orang kaya. 
"Kaya dan miskin itu pilihan kita sendiri. Maka pilihlah jadi orang kaya, jangan jadi orang miskin. Untuk jadi orang kaya, kita jangan berfikir dan berbuat biasa biasa saja, kita harus berbeda. Saya sejak muda berdoa semoga jadi orang kaya. Maka saya ajak seluruh mahasiswa Unitomo untuk berfikir yang luar biasa agar manjadi orang sukses", demikian motivasi dari Zulkifli,  yang juga Ketua Umuk DPP PAN periode 2015~2020.
    
   Sebelum Zulkifli terjun ke dunia usaha, dia survey dulu bagaimana orang orang kaya itu cari uang, "Saya survey sebulan lamanya untuk mengintip bagaimaimana caranya orang orang kaya itu mendapat uang  dengan mudah. Setelah data cukup, lalu saya putuskan  untuk keluar dari Pegawai dan merintis usaha sendiri", demikian papar Zulkifli yang ternyata lulusan sekolah PGA ( Pendidikan Guru Agama) itu dan mantan Menteri Kehutanan tahun 2009~2014 zaman Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.
Untuk itu Zulkifli membuat target target kerja, kerja 3 bulan hasilnya harus bisa untuk hidup satu tahun. Alhamdu lillah bisa. Lalu saya kuliah sambil berdagang. Alhamdulillah lacar, usaha saya berkembang. Sambil kerja saya kuliah. Karena dibuk kerja, selesaikan kuliah S1 selama 13 tahun. Tahun 1983-1984 saya sudah bisa beli rumah 6 di Jakarta. Usaha saya terus berkembang. Saya mengalami kejenuhan, lantas saya cari hiburan dengan ikut aktif di Parpol, tahun 1998 saya masuk PAN, partai besutan Pak Amien Rais.
   Zulkufli aktif dipartai tidak sekedar ikut ikutan, tapi betul betul aktif dan sarat dengan target target tertentu. Setelah 5 tahun aktif di DPP PAN, Zulkifli bisa menduduki jabatan Sekjen DPP PAN mendampingi Saudaraku Sutrisno Bachir tahun 2005-2010. Pada 2009~2014 jadi Menteri Kehutanan dalam Kabinet SBY periode ke 2.  Tahun 2015~2020 menjadi Ketua Umum DPP PAN dan tahun 2014~2019 jadi anggota DPRRI dan Ketua MPRRI.
Zulkifli Hasan menutup ceramamahnya dengan mengutip firman Allah Subhanahu Ws Ta'ala:

وَاَنْ لَّيْسَ لِلْاِنْسَانِ اِلَّا مَا سَعٰى 
"dan bahwa manusia hanya memperoleh apa yang telah diusahakannya,"
(QS. An-Najm: Ayat 39)
   "Firman Allah mengajari pada kiita, bahwa kita tidak mendapat bagian lebih dari yang telah ditetapkan oleh Allah, kecuali kita berusaha lebih giat lagi. Saya berharap semua mahasiswa Unitomo belajar dan bekerja lebih giat supaya jadi orang orang sukses"

0 komentar:

Posting Komentar