Rabu, 20 Februari 2019

Catatan Kebudayaan: Platform kebersamaan

(Pengamat Budaya Politik dan KBPII Yogyakarta)

Harianmerdekapost.com "Kemiskinan dan kekeringan" bisa menjadi platform kebersamaan bagi warga Gunung. Kondisi kemiskinan mendorong orang Gunungkidul untuk merantau. Kondisi kekeringan mendorong orang orang yang merantau untuk peduli kepada kampung halamannya.


Masalahnya, apakah "kemiskinan dan kekeringan" bisa menjadi platform kebersamaan bagi warga Bantul. Tentu saja tidak bisa. Beda suasana antara warga Gunungkidul dengan warga Bantul. Warga Bantul yang umumnya sudah memiliki basis profesi merantau karena ingin mengembangkan profesinya lebih tinggi lagi, sebentuk upaya mobilitas vertikal.


Lalu, apa platform kebersamaan yang tepat bagi warga Bantul? Saya mengusulkan platform kebersamaan kita adalah "COH" ( City on the hill). Kita mempunyai cita cita mewujudkan sebuah "Kota di atas bukit". Masing masing kita lewat kepakaran yang dimiliki mengkontribusikan karya karyanya agar terwujud "kota mercusuar". Adapun lokasi "City on the Hill" bisa kita tetapkan bersama. Syukur bila asal tempat kelahiran bisa menjadi lokasi "COH" tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar