Rabu, 07 November 2018

Minum Air Rabu Wekasan, Insyaallah Terhindar Dari Bala'



Pamekasan, Harianmerdekapost.com - Ratusan santri dan warga berebut air minum Rabu Wekasan atau Rabu Pamungkas bulan Safar, di Ponpes Nurus Salam Saba Tambak Palengaan Laok Palengaan Pamekasan Jawa Timur, Rabu pagi, 07/11/2018.

Santri dan warga berebut air suci yang dibacakan doa dan tulisan rajah. Dalam tradisi ini, Santri dan warga berharap wilayah Palengaan laok terhindar dari bencana alam.

Pantauan di lapangan, RKH. Moh Toyib Abd Yazid, Dewan a'wan Ponpes Nurus Salam Saba Tambak Palengaan Laok, juga menggelar santunan anak yatim. Meski terlihat sederhana, namun ratusan santri dan warga terlihat khidmat mengikuti acara tersebut. Bahkan tak ketinggalan para wali santri ikut meminum air tersebut.

Lebih lanjut, Raden Moh. Toyib mengatakan, hal ini semata-mata tafa'ulan kepada guru-guru dan berharap dengan adanya tradisi pemberian air rabu wekasan atau air rajahan ini, Diselamatkan dari bala', musibah oleh Allah. SWT.

"Dalam sejarah Islam, pada bulan Safar banyak diturunkan azab dari Sang Pencipta. Seperti bencana alam dan penyakit pada umat manusia yang banyak melakukan dosa, Juga agar di bulan-bulan selanjutnya negeri ini terhindar dari segala musibah bencana," kata Neng Toyib dewan a'wan  pengasuh Ponpes Nurus salam, saat di hubungi via whatshapp

Salah seorang santri berharap dengan digelarnya tradisi Rabu Wekasan ini,  dapat terhindarkan dari segala macam musibah. 

"Utamanya bencana banjir dan tanah longsor seperti yang terjadi di daerah lain," Ucapnya berharap. (Rai)

0 komentar:

Posting Komentar