Kamis, 01 November 2018

LAGI-LAGI, CEKAM-P NGELURUK KANTOR BUPATI PAMEKASAN




Pamekasan, Harianmerdekapost.com - Puluhan warga Pamekasan yang menamakan dirinya Central Kreasi Aspirasi Muda Pamekasan (Cekamp) menggelar unjuk rasa ke kantor Bupati Pamekasan, Kamis (1/11/2018). 

Aksi terkait dengan masalah transparansi pelaksanaan lelang proyek di Lembaga Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) di Pemkab Pamekasan. 

Koordinator aksi ditemui langsung oleh Bupati Pamekasan, Badrut Tamam, Kepala LPSE, Basri Yulianto, dan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Totok Hartono. Diskusi dengan massa dilaksanakan dengan lesehan.

Indra X, koordinator aksi mengatakan, pelaksanaan lelang pembangunan di LPSE Pamekasan diindikasikan ada kompromi dengan kelompok-kelompok tertentu. Proyek tersebut, baik yang sifatnya lelang ataupun penunjukan langsung. Bahkan, pihak rekanan yang bekerja, hanya kelompok tertentu dan kalangan tertentu. 

"Ada indikasi orang dinas bermain dengan rekanan tertentu. Setelah lelang selesai, disertai dengan imbalan atau suap kepada orang dalam," ujar Indra. 

Indra X menambahkan, pelaksanaan proyek pembangunan di Pamekasan tidak berorientasi kepada kualitas, tetapi hanya soal keuntungan. Para kontraktor sejak awal harus menyetor upeti untuk pengkondisian. Hasilnya, kualitas pekerjaan sangat buruk.

"Salah satu proyek peningkatan jalan di Desa Rekkerrek Palengaan yang sudah rusak dan amburadul," ungkapnya.

Oleh sebab itu, Cekamp meminta kepada inspektorat untuk melakukan audit ulang semua kegiatan pembangunan di Pamekasan. Kepala LPSE hendaknya dicopot dari jabatannya agar proses lelang berjalan bersih. Bupati hendaknya memonitor langsung hasil pekerjaan proyek di bawah.

Basri Yudianto, Kepala LPSE merespon tenang, karena pihaknya ditengarai ada main mata dengan pihak lelang, ia menjawab, tidak ada permainan dalam hal ini karena sudah berbasis online, semua orang pada tahu semua.

"Silahkan adik-adik ini mendaftar, siapa tahu ada yang lolos, kami tidak ada main mata karena semua itu sudah berbasis online," ucapnya saat berdiskusi dengan massa aksi .

Buapati Pamekasan Badrut Tamam, menyambut massa penuh dengan wajah familiarnya, ia menegaskan bahwa, Pamekasan kedepan akan kuat, makmur dan sejahtera dengan adanya kritikan dan pengawasan dari seluruh lapisan masyarakat.

"Dengan adanya aksi ini, Pernyataan saudara akan ditindak lanjuti, dan akan jadi pembahasan kami," Pungkas Baddrut Tamam. (Jurnalis. Moh. Hewi)

0 komentar:

Posting Komentar